Thursday, September 25, 2008

Cara Mudah Belajar Membaca Bagi Balita

Anak yang susah diajarin belajar membaca mungkin menjadikan salah satu permasalahan bagi sebagian orang tua. Termasuk saya sebagai orang tua dari seorang yang masih batita juga mengalami hal yang sama, kebetulan anakku paling susah diajari untuk belajar membaca atau lebih tepatnya susah untuk diajari untuk mengenal bentuk-bentuk angka dan huruf.

Kalau diajarin lagu-lagu serta gambar-gambar hewan, anaku bisa dengan cepat menangkapnya, akan tetapi kalo sudah diajarin mengenal bentuk-bentuk huruf dan angka agak susah. Sepertinya harus ada kombinasi atau alat bantu yang bisa membuat si anak tidak merasa kalau baru belajar, istilahnya belajar tapi tidak sadar bahwa baru belajar.

Kebetulan barusan aku mampir ke blog cara belajar dengan mudah, yang berisi berbagai alat bantu dalam berbagai format serta metoda-metoda praktis bagaimana membuat anak agar lebih cepat dan mudah membaca. Tapi sayangnya blog ini masih baru sehingga isinya belum maksimal, saya tulis disini dengan harapan dikemudian hari atau sebulan dua bulan lagi aku gak lupa alamatnya dan dengan mudah menemukannya, soalnya aku sangat berharap banyak dengan blog ini yang katanya berisi berbagai alat bantu untuk memudahkan mengajari anak belajar membaca. Ini sangat relevan dengan rencana yang telah saya buat (tapi sayang sampai saat ini belum kesampaian) seperti dalam postingan saya sebelumnya yaitu : Peraga untuk Pendidikan Balita.

2 comments:

Anonymous said...

Anak saya juga susah diajak belajar. Tapi saya punya cara sederhana, yaitu dengan menyiapkan papan tulis. Kita gak perlu menyuruh anak untuk belajar. Yang perlu adalah kita sendiri yang menulis di papan tersebut, sesering mungkin. Dengan cara ini anak saya jadi pinter membaca dan menulis. Atau biarkan saja saat dia mencoba menulis dengan laptop. Terbukti hal ini dapat membuat anak saya senang menulis. Hal ini saya lakukan sejak anak saya berumur tiga tahun.

Ceepluk Shop said...

Wah, senang sekali dapat masukan cara mendidik anak membaca. Anak saya sudah 3 th. Jadi sepertinya sudah bisa diajak mengenal huruf. Thanks ya..